Jumat, 27 September 2013

perusahaan dan lingkungan fisik


Jenis-jenis Terpenting Pencemaran
                Pencemaran adalah pengotoran lingkungan alam dimana kita hidup dan bekerja. Ada tiga jenis utama pencemaran yang mengancam lingkungan dan kesehatan kita: pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran limbah padat.
                Pencemaran udara.setiap orang rata-rata menghirup tigas piluh lima pon udara setiap hari. Ini adalah enam kali jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.
Setiap tahunnya lebih dari 200 juta ton limbah produk terbuang ke udara. Dari pencemaran ini,lebih dari 50 persen berasal dari pembakaran intern mesin-mesinmobil dan kendaraan bermotor lainnya. Sekitar 22 persen berasal dari bahan bakar yang keluar dari sumber-sumber tak bergerak seperti pabrik dengan tenaga generator dan 15 persen lainnya timbul dari proses industri.
                Pencemaran udara diperkirakan sebagai penyebab gangguan pernapasan dan penyakit jantung. Penyakit yang disebabkan atau diwaspadai disebabkan oleh pencemaran udara mengakibatkan orang Amerika mengeluarkanbiaya kira-kira $5 milyar setiap tahunnya untuk pengobatan, kehilangan pendapatan serta kemerosotan produktivitas.
                Pencemaran udara telah mengikis gedung-gedung, merusak harta pribadi dan menghancurkan hutan serta tanaman. Hal ini menyebabkan penghancuran dan pembusukan bernilai milyaran dollar setiap tahunnya.
                Pencemaran air. Banyak sekali sumber pencemaran, sumber-sumber utaman dapat ditemukan pada hampir setiap jenis industry, pertokoasn dan usaha pertanian di seluruh A.S.
                Bahan-bahan pencemaran merupakan suatu ancaman khusus terhadap pasokan air bawah tanah. Karena digunakannya pupuk bernitrat tinggi serta pupuk padat secara luas, telah semakin banyak terdapat nitrat pada air bawah tanah dan permukaan bumi dalan yahun-tahun terakhir ini. Sekarang banyak air bawah tanah mengandung banyak nitrat melebihi batas tsandar air minum. Lebih berbahaya lagi, kalau sumber air bawah tanah sudah tercemar, adalah mustahil untuk memurnikannya.
                Penceamaran limbah padat. Dalam limbah padat termasuk berbagai jenis produk yang tidak terpakai lagi. AS memprodukai kira0kira 5 milyar ton limbah padat setiap tahunnya. “buangan” kita setiap tahunnya antara lain 50 milyar kaleng, 26 milyar botol dan stoples, 5 milyar ton plastic, 8 milyar perangkat televise, 7 milyar mobil dan truk serta 30 milyar ton kertas. Diperkirakan bahwa jumlah limbah ini segera naik menjadi 340 milyar ton setiap tahun. Biaya penampungan limbah itu serta pembuangannya akan melibihi $12 milyar per tahun.
Undang-undang Mengenai Lingkungan dan Pelaksanaannya
                Pemerintah pusat telah memberlakukan beberapa Undang-undang untuk melindungi lingkungan alam. Undang-undang yang pertama yang melarang pencemaran air adalah UU menganai sampah yang  diberlakukan tahun 1899, namun UU ini baru diberlakukan pada tahun 1970.
Undang-undang
Tujuan
Undang-undang tentang Perencanaan Sumberdaya Air, Tahun 1965.
Undang-undang ini membentuk Dewan Sumberdaya Air dan komisi kolam air. undang-undang ini memeriksa kualitas udara nasional dan standar pencemaran, baik untuk sumber pencemaran udara, baik yang berasal dari kendaraan bermotor. Undang-undang ini juga mengharuskan setiap negara menyampaikan rencana untuk mencapai standar kualitas udara nasional.
Persyaratan menyangkut pencemaran dan kualitas air diperkuat oleh UU Pemurnian Air Bersih tahun 1966 dan UU Peningkatan Kualitas Air tahun 1970.
Undang-undang tentang Pembuangan Limbah Padat, tahun 1965.
UU ini mengatur pengembangan cara-cara pembungan limbah padat, antara lain: sampah, kertas, dan besi tua. UU ini di ubah menjadi UU Pemulihan Sumberdaya tahun 1970 dan UU Pengendalian Pencemaran Air tahun 1972.
Undang-undangn tentang Kualitas Udara, tahun 1967.
UU ini mengatur usaha sistematik dalam hubungan dengan pencemaran udara atas dasar regional. UU ini di ubah tahun 1970 untuk meningkatkan standar udara bversih. Standar pengeluaran polusi dari kendaraan bermotor mulai berlaku tahun 1975. Pengubahan-pengubahan ini juga membenruk Badan Pelindungan LIngkungan.
Undang-undangn tentang Pengendalian Kebisingan, tahun 1972
UU ini mengharuskan Pengurus Badan PErlindungan Lingkungan menetapkan standar kebisisngan untuk produk dan peralatannya yang menjadi sumber utama kebisingan.
Undang-undang tentang Penyediaan Energi dan Koordinasi Lingkungan, tahun 1974
Untuk menghemat persediaan, Depertemen Enegri di perintahkan untuk mengharuekan pabrik pembangkit tenaga listrik menggunakan batubara jika hal itu  dimungkinkan.
Undang-undang tentang Penghematan Pemulihan Sumberdaya, tahun 1976.
UU ini dibuat atas dasar UU Pembungan Limbah Padat tahun 1965 dan UU Pemulihan Sumberdaya tahun 1970. Tujuannya adalah meningkatkan perlindungan kesehatan dan lingkungan demi menghemat bahan dan sumberdaya energy. Anatara lain, UU ini membetuk Badan Limbah Padat dalam Badan Perlindungan Lingkungan, guna mengarahkan bagaimana UU ini harus dijalankan.
                Badan PErlindungan Lingkungan. Usahan untuk mengendalikan pencemaran udara dan air, pembungan limbah padat, pestisida, radiasi dan kebisingan semuanya diawasi oleh Badan Perlindungan Lingkungan (EPA). Dengan terbentuknya EPA pada tahun 1970, 15 program pengendalian lingkungan telah terpadu menjadi satu badan yang independen. Tanggung jawab EPA  antara lain :
1.       Penetapan standar. EPA harus tahu persis bahwa standar yang ditetapkannya cukup efisien dalam melindungi kesehatan dan kesejahteraan umum. Pemerintah pusat dan daerah dapat mengembangkan pengendalian tambahan, tetapi tanggung jawab langsung EPA adlah terbatas pada perlindungan terhadap kesehatan dan kesejahteraan.
2.       Pelaksaan program. Falsafah EPA adalah mendorong bantuan sukarela dari perusahaan industry swasta dan masyarakat. Kalau rencana badan pemerintah pusat dan daerah tidak efektif untuk mengurangi pencemaran atau mereka tidak memberlakukan program yang mereka susun, EPA harus melaksanakannya.
3.       Riset. Dahulu EPA telah mengalokasikan lebih dari seperlima anggaran-oprasinya bagi penelitian ilmiah.
4.       Bantuan keuangan dan teknik. Dengan memberikan bantuan keuangan dan teknik kepadan badan di bawah pengawasan pemerintah pusat, daerah, dan setempat, EPA berlaku sebagai fasilisator utnuk usaha perlindungan lingkungan. EPA menghibahkan dana pemerintah pusat untuk pembangunan dan pengoprasian pelbagai jenis kemudahan guna mengurangi pencemaran. Mereka juga mendemonstrasikan tenologi baru pengendalian pencemaran.
                Undang-undang Udara Bersih. UU yang diharapkan akan diberlakukan oleh EPA antara lain adlah UU Udara Bersih tahun 1970, yang telah mengalami perubahan pada tahun 1977 dan diubah lagi pada tahun 1981. Tujuannya adalah “melindungi dan memajukan kualitas sumberdaya nasionaldemi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kapasitas produksi penduduk”.
                Adimistratur EPA, William P Ruckelshaus, telah mengambil langkan untuk mengurangi gas hitam sebagai prioritas utama EPA. Badan tersebut mengharuskan bahwa jumlah timah hitam dalam 1 gallon bensin harus di kurangi menjadi 0,1 gram mulai januari 1986. Seperti dinyatakan Ruckelshaus, “Sasaran kami adalah mencegah gas hitam dalam lingkungan yang merupakan ancaman terhadap kesehatan manusia”.
                Undang-undang Perlindungan Air. UU Air Bersih diberlakukan dalam tahun 1972 untuk “memperbaiki dan mempertahankan integritas zat kimia, fisik dan biologis air nasional”. UU Ait Minum yang Aman disahkan dalam tahun 1874 untuk “ Menjamin bahwa system air minum menyediakan air minum yang aman dan melindungu sumber air minum bawah tanah dari pengotoran oleh pemasukan limbah ke dalam tanah”.
                Secara luas UU ini telah menimbulkan pengruh positif terhaddap sumber air Amerika. Menurut laporan teakhir yang berjudul “Air-Bersih Amerika”, yang diterbitkan oelh The Association of State and Interstate Water Pollution control administrators:
Walaupun jumlah sumber limbah meningkat dengan tajam, sungai dan danau di negara ini berkurang. Sebagian besar air di Amerika berada dalam kualitas baik walaupun adanya tekanan limbah dengan bertambahnya jumlah manusia dan semakin banyaknya industry.
                Dana besar. EPA menghadapi tantangan yang tidak lebih besar daripada melindungi penduduk A.S. dari akibat perkembangan limbaha berbahaya. Lebih dari 60 juta ton limbah yang timbil setiap tahunnya di A.S. diklasifikasikan sebagai sangat berbahaya. Tempat pembungan limbah berbahaya antara lain adalah ribuan tempat limbah terasing di kebun-kebun, di dalam kota, perit-perit di pinggir jalan dan tepi sungai.
                Karena tempat pembungan tersebut merupakan ancaman terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, kongres telah mengesahkan Comprehensive Envrionmental Response, Compensation and Liability Act pada tahun 1980. UU ini secra umum dikenal sebagai Dana-Besar karena membentuk dana sebesar $1.6 milyar untuk membiayai pembersihan pembuangan limbah berbahaya di seluh A.S. selama  setahun. 78 persen dana itu berasal dari pajak atas manufaktur atau impor bahan kimia tertentu dan minyak bumi, selebihnya berasal dari pendapatan-pendapatan lain. Pada tahun 1985 besarnya dana tersebut ditingkatkan menjadi $8.5 milyar untuk masa lima tahun. Dana ini dibiayai bersama oleh bisnis dan pemerintah federal.
                Aspek yang paling penting dari Dana-Besar adalah bahwa hal itu memungkinkan EPA segera mengambil tindakan bila perlu untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan. Dalam waktu lima tahun setelah di undangkannya Dana-Besar, EPA telah mengidentifikasi kira-kira 2.000 tempat pembersihan yang berpotensi dan telah mulai memanfaatkan 500 tempat diantaranya.
Tanggapan Perusahaan terhadap Masalah Lingkungan
                Perusahaan menanggung sebagian besar biaya pembersih lingkungan. Pada tahun 1985, 2.6 persen dari semua pengeluaran modal perusahaan di peruntukkan bagi peengendalian pencemaran. Angka ini 5.6 persen untuk tahun 1976.
Chevron adalah salah satu di antara perusahaan-perusahaan yang telah mengambil langkah yang nyata untuk melindungi lingkungan. Para pembela lingkungan sering menolak jalur pipa di luar kota Californias, mereka merasa senang. Tahun 1988 jalur pipa ini menggantikan kapal tenker yang mengankut minyak kotor dari tampat produksi di lepad panatai Santa Maria Basin ke penyulingan dekat Los Angeles. Kaum pembela lingkungan lebih menyukai jalur pipa karena minyak yang tumpah sebelumnya dari tenker telah mengakibatkan pengotoran minyak bumi di pantai Santa Barbara. Dengan jalur pipa, lebih kecil sekali kemungkinan kecelakaan demikian akan terjadi kembali. Jalur pipa tersebut penting karena besarnya cadangan minyak Santa Maria diperkirakaan dapat menampung 500 juta barrel.
                Usaha daur-ulang dan pemulihan sumberdaya lainnya. Cara lainnya dimana perusahaan berperan serta dalam pengurangan limbah adalah melalui daur-ulang (recycling). Daur-ulang sangat penting bagi ekonomi industry A.S. Daur ulang menghemat energy, membuka kesempatan kerja, menyediakan sumber bahan baku tambahan untuk di produksi dan membantu mengubah masalah sampah dan limnbah menjadi peluang ekonomi.
                Sebagai contoh, daur ulang kaleng aluminium menghemat 95 persen energy yang diperlukan untuk membuat aluminium dari bahan baku. Selain mengurangi sampah, daur ulang ini menghemat bahan baku yang berharga dan mengurangi jumlah investasi yang diperlukan untuk membuat produk aluminium baru. Fasilitas melebur kembali aluminium dapat dibangun dengan biaya sepersepuluh kali biaya yang dirancang untuk penyulingan dan peleburan bahan dasar. The Alluminium Association melaporkan bahwa 56 persen kaleng aluminium dikumpulkan untuk daur ulang. Jumlahnya 1,23 milyar pon dalam tahun 1984.
                Bentuk serupa dari oemulihan sumberdaya termasuk penggunaan limbah kotoran sebagai sumber bahan bakar. Seperti apa yang dikatakan Alfrad Del Bello dari Signal Companies, bekas Pembantu Gubernur New York :
Kalau kalangan politik dapat menyetujuinya, anda dapat membangun 100 pabrik pemulihan sumberdaya besok. Kita akan mengubah sampah menjadi energy di seluruh A.S Dengan biaya $250 juta satu pabrik, berarti suatu pasar dengan $ 25 milyar untuk pabrik besar yang mampu mengolah 1.500 ton atau lebih kotoran per hari. Tambahan 300 atau 400 pabrik yang lebih kecil (mungkin dengan kapasitas 200 sampai 500 ton) dengan harga sekitar @30 juta satu panrik dan anda mempunyai pasar dengan jumlah $35 MILYAR.
Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial
                Perbandingan laporan tahunan banyak perusahaan dengan laporan yang dibuat pada tahun 1976 memperlihatkan banyak perubahan. Antara lain, laporan terakhir ini membahas apa yang dilakukan perusahaan untuk memenuhi tanggung jawab social dan tanggung gugat mereka kepada masyarakat. Kebanyakan perusahaan besar sedang berusaha memperbaiki citra perusahaan di depan masyarakat.
Praktek-praktek Perusahaan yang Dapat Dipertanyakan
                Pada awal tahun 1980-an kesalahan-kesalahan para pejabat perusahaan telah dipublikasikan secara luas. Sebagai contoh, berkas-berkas yang ada di penngadilan menunjukkan bahwa beberapa perusahaan tambang minyak yang besar-besar telah menukar data mengenai harga selama satu decade atau lebih. Dalam tahun 1985, pengadilan setempat memutuskan suatu denda terbesar yang pernah dikenakan terhadap Exxon karena menaikkan harga minyak secara berlebihan. Jumlah denda ini mendekati $2 milyar berupa denda dan bunga. Masih dalam tahun yang sama, para pejabat General Electric Company dinyatakan bersalah karena mengklaim $800,000 atas kenaikkan biaya kontrak. Pada tahun yang sama pula, berita mengenai penipuan dengan rekening bank secara sengaja yang melinatkan perusahaan E.F. Hutton telah dilaporkan selama beberapa minggu.
                Seringnya terjadi beberapa kasus seperti ini mendorong masyarakat untuk percaya bahwa tingkah laku melawan hukum dan tidak etis adalah kejadian biasa (dianggap lumrah) dalam bisnis. Laporan mengenai kecurangan yang dilakukan para prjabat dari suatu perusahaan merusak reputasi keseluruhan. Kalau pelaporan mengenai perbuatan salah pejabat perusahaan mengisi berita, majalah bisnis mengupas masalah tersebut dalam tajuk rencananya.
Tanggapan Terhadap Krisis
                Perusahaan juga harus bertanggung jawab untuk memberikan tanggapan dengan capat dan efektif atas kehancuran yang menyangkut produk atau fasilitasnya. Tujuh orang meninggal pada tahun 1983 di wilayah Chicago karena memakan Kapsul Tylenol yang beracun. Johnson & Johnson telah mendapat pujian karena menarik kapsul tersebut dari oeredaran dengan segera. Menyusul kejadian itu, perusahaan mulai mengguanakan lapisan penutup tahan kerusakan pada semua botol dan kemasan. Ketika kerusakaan berikutnya menyebabkan kematian pada tahun 1986, perusahaan itu secara sukarela menarik kapsul Tylenol dari pasar
                Sebelum terjadinya malapetaka Chernobyl di Uni Soviet, salah satu kecelakaan tertubruk pada pembangkit tenaga listrik nuklir adalah yang terjadi di Three_mile Island di Pennsylvania dalam tahun 1979. Meskipun tak ada korban jiwa, kebocoaran gas radioaktif disana diberitakan secara luas dan mengakibatkan  industry energy nuklir mengalami kemunduran beberapa tahun. Pemilik Three-Mile Island,  General public Utilities Corporation, tidak berhasil mengatasi maslah tersennut dan terlalu lamban memberikan tanggapannya. Seperti yang telah dibahas pada bagian awal bab ini, kebicocran gas kimia Union Carbide di Bhopal, Indaia telah membawa kematian lebih dari 1.750 orang.
                Menurut Jhon Tolefseon, Dekan Fakultas Bisnis, Universitas Kansa, “ Ada tiga hal yang sangat penting manuju manajemen yang sukses atas situasu sangat kacau” Tolefson yakin bahwa para eksekutif harus:
1.       Memberikan prioritas pertimbangan jangka panjang atas maslahat dan mudarat jangaka pendek
2.       Segera mengambil tindakan
3.       Memberikan informasi yang benar kaepada masyarakat sejak dini
  Perusahaan dan Tetangga Baik
                Bidang lain di mana tanggung jawab social perusahaan terhadap masyarakat mengalami cobaan adalah yang menyangkut penutupan suatu pabrik, tanggung jawaba social dapat didefinisikan sebagai tanggung jawab sebuah perusahaan untuk bertindak demi keperntingan masyarakat luas dan membantu memecahkan masalah-masalah. Dalam hal suatu masyarakat dimana perusahaan merupakan majikan utama (pengusaha besa), tindakan semacam itu akan mempunyai dampak yang berat. Di Newport, Kentucky, penutupan pabrik baja Interlake, Inc. mengakibatkan 1.000 orang menganggur, tetapi beberapa dari manajernya mulai mencari jalan untik membuka kembali pabrik tesebut. Dengan bantua dari Departemen Pembangunan Ekonomi Kentucky, pabrik tersebut dinuka kembali menjadi Newport Steel Company dan par pekerja yang lama di pekerjakan kembali. Kesukaran paling bear terletak pada para pekerjanya yang tidak dapat pindah lokasi ke perusahaan lainnya dan tidak dapat dilatih ulang untuk bidang pekerjaan lainnya. Menetukan tanggung jawab sebuah perusahaan terhadap masyarakatdimana perusahaan tersebut terletak, bukannlah suatu yang mudah.
Tindakan Tanggung Jawab Sosial oleh Perusahaan
                Tidak mungkinuntuk melaporkan secara terperinci apa yang sedang dilakukan perusahaan. Tetapi inilah beberapa coreta untukmenggambarkan upaya perusahaan memenuhi tanggung jawa b sosialnya.
                Xerox. XeroxCoproration mensponsori program cuti pelanyanan masyarakat (Social Service Leave program). Setiap karyawan yang bekerja baik dan telah bekerja di perusahaan tersebut selama tiga tahun dapat mengajukan cuti. Kalau cuti diijinkan, karyawan bersangkutan dapat memilih kapan saja untukbekerja pada suatu proyek pelayanan mesyarakat atas pilihan mereka sendiri dalam masyarakat lingkungan mereka. Karyawan menerima gaji serta tunjangan penuh seleama cuti mereka dan dijamin memperoleh pekerjaan yang sebanding pada saat mereka kembali ke Xerox.
                Selama sepuluh tahun terakhir 50.000 orang telah berperan serta dalam lebih dari 2.000 orang proyek pada seratus kelompok masyarakat. Biaya setahunnya untuk program ini yang dikeluarkan Xerox dalaha kira-kira #350.000.
                Mobil. Pada tahun 1982, mobil membiayai program pekrjaan untuk 600 orang pemuda dari keluarga berpendapatan rendah. Mereka adalah anggota tim kebersihan yang melakukan pembersihan musim panas pada stasiun bawah tanah di New York City.
                Semua peserta program menghabiskan sebagian waktunya dalam kelas untuk mempelajari matematika dan membaca. Program penyempurnaan dengan bantuan computer dirancang untuk membantu anak-anak muda ini meningkatkan pelajaran mereka. Mobil juga membiayai program musin panas Chicago dan Dallas. Pemuda dari dalam kota Chicago membantu fasilitas perawatan kesehatan bagi kaum fakir miskin. Di Dalla mereka bekerja memperbaiki perumahaan rakyat.
                Sekitar 250 orang Mobil bekerja penuh untuk melindungi dan meningkatkab lingkungan. Pekerjaan mereka adlah menjamin dijalannkannya peraturan serta standar keamanan udara dan air bersih. Mereka juga memperhatikan pengurangan kebisingan, pengemdalian bau tak sedap, penghematan tanah dan peningkatan tanah.
                3M. dalam bulan Mei 1985, Pusat Lingkungan Hidup se-Dunia di New York memberikan penghargaan kepada 3M atas program 3P (Pollution Prevention Pays – pembayaran pencegahan polusi) berupa  International Environmental Corporation Achievement Award, yang pertama. Tujuan 3P yang dimualai tahun 1975 adalah menghentikan pencemaran pada sumbernya.
                Pengurangan atas pencegahan pencemaran dicapai melalui reformulasi produk, modifikasi proses manufaktoring, desain ulang peralatan dan pemulihan bahan limbah untuk penggunaan ulang setiap tahunnya. Program 3 P telah berhasil meniadakan 100.000 ton pencemaran Udara, 11.000 ton pencemaran air,  243.000 ton limbah dalam betuk lumpur dan benda padat serta pembersihan 1,5 milyar gallon air limbah.
                American Express. Yayasan patungan kemerdekaan (The State of Liberty Ellis Island Foundation) menerima dua cek perjalanan dari American Express sinilai $1.7 juta. Pemberian itu dimaksudkan untuk membantu pemugarab patung tersebut agar Nampak seperti pada kejayaannya semula. Dalam iklannya yang tersebar ke seluruh A.S., American Express menawarkan untuk menyumbangkan sejumlah kecil uang bagi dana pemugaran patung tersebut atas setiap pengguanaan kartu kreditnya. Selain itu, mereka menjanjikan akan memberikab satu dollar untuk tiap kartu baru yang di terbitkan di A.S. Penggunaan kartu kredit naik 28 persen dan pemegang kartu baru naik 45 persen selama kampanye tersbut. Jerry C. Welsh, seseorang eksekutif pemasaran American Express mengatakan “penggilan untuk masa depan bukanlah kedermawanan buku cek . . . , tetapi gabungan pemasaran perusahaan dan tanggung jawab social”.
Tanggung Jawab Internasional
                Malapetaka Union Carbide di tahun 1984 yang lalu telah memusatkan perhatiuan pada aspek internasional tanggung jawab social. Suatu kecelakaan seperti yang terjadi di Bhopal itu melibatkan pemerintah sertya perusahaan. Pemerintah bertanggung jawab terhadap lingkungan dan manusia. Sudah tentu timbul pertanyaan mengenai aspek hukum dalam pemberian ganti rugi kepada keluarga dari orang yang meninggal dan cacat. Ke pengandilan negara manakah tuntutan harus disampaikan”? apakah semua pihak yang berkepentingan harus terwakili dala suatu tuntutan seperti dalam satu kelas sekolah atau apakah harus ada beribu-ribu penyelesaian secara individu? Peran apakah yang harus dimainkan pemerintah? Dampak apakah yang timbul dari kasus ini terhadap bisnis perusahaan lain yang melakukan bisnis di India? Ini semua adalah masalah terpenting yang di hadapi. Beberapa di antarantya tidak aka dapat terjawab tuntas selama bertahun-tahun.
                Isu internasional yang lebih umum adalah pencemaran udara. Udara bergerak di seluruh permukaan bumi. Bahan pencemar yang berasal dari suatu negara akan memberikanb dampak terhadap udara di atas negara lain. Bagaimanakah usaha terbaik antar pemerintah untuk kepentingan terbaik semua pihak yang bersangkutan ? hujan zat asam disebabkan oleh pencemaran udara telah merupakan maslah anatara pemerintah Kanada dan pemerintah A.S. selama bertahun-tahun. Pada tahun 1986, Menteri Perhubungan A.S., Drew Lewis, mengusulkan penyelesaian yang sangat ambisius dan ternyata memberikan harapan baik yang kan mempengaruhi perusahaan di kedua negara. Pada musim semi tahun 1986, Perdana Menteri Kanan, Brian Mulroney dan Presiden A.S., Ronald Reagan, mencapai persetujuan mengenai suatu program $5 milyar guna memerangi hujan asam. Persetujuan ini didasakna atas laporan Lewis dan rekomendasinya.
                Di negara lainnya, masing-masing pemerintah Inggris, Prancis dan Jerman Barat mengharuskan converter katalitik untuk mobil. Ini berarti bahwa industry mobil yang memproduksi dan menjualnya di negara-negara ini harus memenuhi standar pencemaran yang di tetapkan.
                Isu lainnya dengan implikasi internasional mencakup samudera dan sumberdayanya. Selama beberapa tahun pemerintah beberapa negara telah merundingkan hak dan penggunaan bahan tambang di bawah laut. Sejauh ini persetujuan dimaksudkan belum tercapai, maslah ini sangat kompleks dengan pelbagai macam kesulitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar