Jenis-jenis Terpenting Pencemaran
Pencemaran
adalah pengotoran lingkungan alam dimana kita hidup dan bekerja. Ada tiga jenis
utama pencemaran yang mengancam lingkungan dan kesehatan kita: pencemaran
udara, pencemaran air, dan pencemaran limbah padat.
Pencemaran
udara.setiap orang rata-rata menghirup tigas piluh lima pon udara setiap hari.
Ini adalah enam kali jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.
Setiap tahunnya lebih dari 200 juta ton limbah
produk terbuang ke udara. Dari pencemaran ini,lebih dari 50 persen berasal dari
pembakaran intern mesin-mesinmobil dan kendaraan bermotor lainnya. Sekitar 22
persen berasal dari bahan bakar yang keluar dari sumber-sumber tak bergerak
seperti pabrik dengan tenaga generator dan 15 persen lainnya timbul dari proses
industri.
Pencemaran
udara diperkirakan sebagai penyebab gangguan pernapasan dan penyakit jantung.
Penyakit yang disebabkan atau diwaspadai disebabkan oleh pencemaran udara
mengakibatkan orang Amerika mengeluarkanbiaya kira-kira $5 milyar setiap
tahunnya untuk pengobatan, kehilangan pendapatan serta kemerosotan
produktivitas.
Pencemaran
udara telah mengikis gedung-gedung, merusak harta pribadi dan menghancurkan
hutan serta tanaman. Hal ini menyebabkan penghancuran dan pembusukan bernilai milyaran
dollar setiap tahunnya.
Pencemaran
air. Banyak sekali sumber pencemaran, sumber-sumber utaman dapat ditemukan pada
hampir setiap jenis industry, pertokoasn dan usaha pertanian di seluruh A.S.
Bahan-bahan
pencemaran merupakan suatu ancaman khusus terhadap pasokan air bawah tanah.
Karena digunakannya pupuk bernitrat tinggi serta pupuk padat secara luas, telah
semakin banyak terdapat nitrat pada air bawah tanah dan permukaan bumi dalan
yahun-tahun terakhir ini. Sekarang banyak air bawah tanah mengandung banyak
nitrat melebihi batas tsandar air minum. Lebih berbahaya lagi, kalau sumber air
bawah tanah sudah tercemar, adalah mustahil untuk memurnikannya.
Penceamaran
limbah padat. Dalam limbah padat termasuk berbagai jenis produk yang tidak
terpakai lagi. AS memprodukai kira0kira 5 milyar ton limbah padat setiap
tahunnya. “buangan” kita setiap tahunnya antara lain 50 milyar kaleng, 26
milyar botol dan stoples, 5 milyar ton plastic, 8 milyar perangkat televise, 7
milyar mobil dan truk serta 30 milyar ton kertas. Diperkirakan bahwa jumlah
limbah ini segera naik menjadi 340 milyar ton setiap tahun. Biaya penampungan
limbah itu serta pembuangannya akan melibihi $12 milyar per tahun.
Undang-undang Mengenai
Lingkungan dan Pelaksanaannya
Pemerintah
pusat telah memberlakukan beberapa Undang-undang untuk melindungi lingkungan alam.
Undang-undang yang pertama yang melarang pencemaran air adalah UU menganai
sampah yang diberlakukan tahun 1899,
namun UU ini baru diberlakukan pada tahun 1970.
Undang-undang
|
Tujuan
|
Undang-undang
tentang Perencanaan Sumberdaya Air, Tahun 1965.
|
Undang-undang
ini membentuk Dewan Sumberdaya Air dan komisi kolam air. undang-undang ini
memeriksa kualitas udara nasional dan standar pencemaran, baik untuk sumber
pencemaran udara, baik yang berasal dari kendaraan bermotor. Undang-undang
ini juga mengharuskan setiap negara menyampaikan rencana untuk mencapai
standar kualitas udara nasional.
Persyaratan
menyangkut pencemaran dan kualitas air diperkuat oleh UU Pemurnian Air Bersih
tahun 1966 dan UU Peningkatan Kualitas Air tahun 1970.
|
Undang-undang
tentang Pembuangan Limbah Padat, tahun 1965.
|
UU ini
mengatur pengembangan cara-cara pembungan limbah padat, antara lain: sampah,
kertas, dan besi tua. UU ini di ubah menjadi UU Pemulihan Sumberdaya tahun
1970 dan UU Pengendalian Pencemaran Air tahun 1972.
|
Undang-undangn
tentang Kualitas Udara, tahun 1967.
|
UU ini
mengatur usaha sistematik dalam hubungan dengan pencemaran udara atas dasar
regional. UU ini di ubah tahun 1970 untuk meningkatkan standar udara bversih.
Standar pengeluaran polusi dari kendaraan bermotor mulai berlaku tahun 1975.
Pengubahan-pengubahan ini juga membenruk Badan Pelindungan LIngkungan.
|
Undang-undangn
tentang Pengendalian Kebisingan, tahun 1972
|
UU ini
mengharuskan Pengurus Badan PErlindungan Lingkungan menetapkan standar
kebisisngan untuk produk dan peralatannya yang menjadi sumber utama
kebisingan.
|
Undang-undang
tentang Penyediaan Energi dan Koordinasi Lingkungan, tahun 1974
|
Untuk
menghemat persediaan, Depertemen Enegri di perintahkan untuk mengharuekan
pabrik pembangkit tenaga listrik menggunakan batubara jika hal itu dimungkinkan.
|
Undang-undang
tentang Penghematan Pemulihan Sumberdaya, tahun 1976.
|
UU ini dibuat
atas dasar UU Pembungan Limbah Padat tahun 1965 dan UU Pemulihan Sumberdaya
tahun 1970. Tujuannya adalah meningkatkan perlindungan kesehatan dan
lingkungan demi menghemat bahan dan sumberdaya energy. Anatara lain, UU ini
membetuk Badan Limbah Padat dalam Badan Perlindungan Lingkungan, guna
mengarahkan bagaimana UU ini harus dijalankan.
|
Badan
PErlindungan Lingkungan. Usahan untuk mengendalikan pencemaran udara dan air,
pembungan limbah padat, pestisida, radiasi dan kebisingan semuanya diawasi oleh
Badan Perlindungan Lingkungan (EPA). Dengan terbentuknya EPA pada tahun 1970,
15 program pengendalian lingkungan telah terpadu menjadi satu badan yang
independen. Tanggung jawab EPA antara
lain :
1.
Penetapan
standar. EPA harus tahu persis bahwa standar yang ditetapkannya cukup efisien
dalam melindungi kesehatan dan kesejahteraan umum. Pemerintah pusat dan daerah
dapat mengembangkan pengendalian tambahan, tetapi tanggung jawab langsung EPA
adlah terbatas pada perlindungan terhadap kesehatan dan kesejahteraan.
2.
Pelaksaan
program. Falsafah EPA adalah mendorong bantuan sukarela dari perusahaan
industry swasta dan masyarakat. Kalau rencana badan pemerintah pusat dan daerah
tidak efektif untuk mengurangi pencemaran atau mereka tidak memberlakukan
program yang mereka susun, EPA harus melaksanakannya.
3.
Riset.
Dahulu EPA telah mengalokasikan lebih dari seperlima anggaran-oprasinya bagi
penelitian ilmiah.
4.
Bantuan
keuangan dan teknik. Dengan memberikan bantuan keuangan dan teknik kepadan
badan di bawah pengawasan pemerintah pusat, daerah, dan setempat, EPA berlaku
sebagai fasilisator utnuk usaha perlindungan lingkungan. EPA menghibahkan dana
pemerintah pusat untuk pembangunan dan pengoprasian pelbagai jenis kemudahan
guna mengurangi pencemaran. Mereka juga mendemonstrasikan tenologi baru
pengendalian pencemaran.
Undang-undang
Udara Bersih. UU yang diharapkan akan diberlakukan oleh EPA antara lain adlah
UU Udara Bersih tahun 1970, yang telah mengalami perubahan pada tahun 1977 dan
diubah lagi pada tahun 1981. Tujuannya adalah “melindungi dan memajukan
kualitas sumberdaya nasionaldemi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan
kapasitas produksi penduduk”.
Adimistratur
EPA, William P Ruckelshaus, telah mengambil langkan untuk mengurangi gas hitam
sebagai prioritas utama EPA. Badan tersebut mengharuskan bahwa jumlah timah
hitam dalam 1 gallon bensin harus di kurangi menjadi 0,1 gram mulai januari
1986. Seperti dinyatakan Ruckelshaus, “Sasaran kami adalah mencegah gas hitam
dalam lingkungan yang merupakan ancaman terhadap kesehatan manusia”.
Undang-undang
Perlindungan Air. UU Air Bersih diberlakukan dalam tahun 1972 untuk
“memperbaiki dan mempertahankan integritas zat kimia, fisik dan biologis air
nasional”. UU Ait Minum yang Aman disahkan dalam tahun 1874 untuk “ Menjamin
bahwa system air minum menyediakan air minum yang aman dan melindungu sumber
air minum bawah tanah dari pengotoran oleh pemasukan limbah ke dalam tanah”.
Secara
luas UU ini telah menimbulkan pengruh positif terhaddap sumber air Amerika.
Menurut laporan teakhir yang berjudul “Air-Bersih Amerika”, yang diterbitkan
oelh The Association of State and Interstate Water Pollution control
administrators:
Walaupun jumlah sumber limbah meningkat dengan
tajam, sungai dan danau di negara ini berkurang. Sebagian besar air di Amerika
berada dalam kualitas baik walaupun adanya tekanan limbah dengan bertambahnya
jumlah manusia dan semakin banyaknya industry.
Dana
besar. EPA menghadapi tantangan yang tidak lebih besar daripada melindungi
penduduk A.S. dari akibat perkembangan limbaha berbahaya. Lebih dari 60 juta
ton limbah yang timbil setiap tahunnya di A.S. diklasifikasikan sebagai sangat
berbahaya. Tempat pembungan limbah berbahaya antara lain adalah ribuan tempat
limbah terasing di kebun-kebun, di dalam kota, perit-perit di pinggir jalan dan
tepi sungai.
Karena
tempat pembungan tersebut merupakan ancaman terhadap kesehatan manusia dan
lingkungan, kongres telah mengesahkan Comprehensive
Envrionmental Response, Compensation and Liability Act pada tahun 1980. UU
ini secra umum dikenal sebagai Dana-Besar karena membentuk dana sebesar $1.6
milyar untuk membiayai pembersihan pembuangan limbah berbahaya di seluh A.S.
selama setahun. 78 persen dana itu
berasal dari pajak atas manufaktur atau impor bahan kimia tertentu dan minyak
bumi, selebihnya berasal dari pendapatan-pendapatan lain. Pada tahun 1985
besarnya dana tersebut ditingkatkan menjadi $8.5 milyar untuk masa lima tahun.
Dana ini dibiayai bersama oleh bisnis dan pemerintah federal.
Aspek
yang paling penting dari Dana-Besar adalah bahwa hal itu memungkinkan EPA
segera mengambil tindakan bila perlu untuk melindungi kesehatan manusia dan
lingkungan. Dalam waktu lima tahun setelah di undangkannya Dana-Besar, EPA
telah mengidentifikasi kira-kira 2.000 tempat pembersihan yang berpotensi dan
telah mulai memanfaatkan 500 tempat diantaranya.
Tanggapan Perusahaan
terhadap Masalah Lingkungan
Perusahaan menanggung sebagian besar biaya pembersih lingkungan. Pada tahun
1985, 2.6 persen dari semua pengeluaran modal perusahaan di peruntukkan bagi
peengendalian pencemaran. Angka ini 5.6 persen untuk tahun 1976.
Chevron adalah salah satu di antara
perusahaan-perusahaan yang telah mengambil langkah yang nyata untuk melindungi
lingkungan. Para pembela lingkungan sering menolak jalur pipa di luar kota
Californias, mereka merasa senang. Tahun 1988 jalur pipa ini menggantikan kapal
tenker yang mengankut minyak kotor dari tampat produksi di lepad panatai Santa
Maria Basin ke penyulingan dekat Los Angeles. Kaum pembela lingkungan lebih
menyukai jalur pipa karena minyak yang tumpah sebelumnya dari tenker telah
mengakibatkan pengotoran minyak bumi di pantai Santa Barbara. Dengan jalur pipa,
lebih kecil sekali kemungkinan kecelakaan demikian akan terjadi kembali. Jalur
pipa tersebut penting karena besarnya cadangan minyak Santa Maria diperkirakaan
dapat menampung 500 juta barrel.
Usaha
daur-ulang dan pemulihan sumberdaya lainnya. Cara lainnya dimana perusahaan
berperan serta dalam pengurangan limbah adalah melalui daur-ulang (recycling). Daur-ulang sangat penting
bagi ekonomi industry A.S. Daur ulang menghemat energy, membuka kesempatan
kerja, menyediakan sumber bahan baku tambahan untuk di produksi dan membantu
mengubah masalah sampah dan limnbah menjadi peluang ekonomi.
Sebagai
contoh, daur ulang kaleng aluminium menghemat 95 persen energy yang diperlukan
untuk membuat aluminium dari bahan baku. Selain mengurangi sampah, daur ulang
ini menghemat bahan baku yang berharga dan mengurangi jumlah investasi yang
diperlukan untuk membuat produk aluminium baru. Fasilitas melebur kembali
aluminium dapat dibangun dengan biaya sepersepuluh kali biaya yang dirancang
untuk penyulingan dan peleburan bahan dasar. The Alluminium Association
melaporkan bahwa 56 persen kaleng aluminium dikumpulkan untuk daur ulang. Jumlahnya
1,23 milyar pon dalam tahun 1984.
Bentuk
serupa dari oemulihan sumberdaya termasuk penggunaan limbah kotoran sebagai
sumber bahan bakar. Seperti apa yang dikatakan Alfrad Del Bello dari Signal
Companies, bekas Pembantu Gubernur New York :
Kalau kalangan politik dapat
menyetujuinya, anda dapat membangun 100 pabrik pemulihan sumberdaya besok. Kita
akan mengubah sampah menjadi energy di seluruh A.S Dengan biaya $250 juta satu
pabrik, berarti suatu pasar dengan $ 25 milyar untuk pabrik besar yang mampu
mengolah 1.500 ton atau lebih kotoran per hari. Tambahan 300 atau 400 pabrik
yang lebih kecil (mungkin dengan kapasitas 200 sampai 500 ton) dengan harga
sekitar @30 juta satu panrik dan anda mempunyai pasar dengan jumlah $35 MILYAR.
Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial
Perbandingan
laporan tahunan banyak perusahaan dengan laporan yang dibuat pada tahun 1976
memperlihatkan banyak perubahan. Antara lain, laporan terakhir ini membahas apa
yang dilakukan perusahaan untuk memenuhi tanggung jawab social dan tanggung
gugat mereka kepada masyarakat. Kebanyakan perusahaan besar sedang berusaha
memperbaiki citra perusahaan di depan masyarakat.
Praktek-praktek Perusahaan yang Dapat Dipertanyakan
Pada
awal tahun 1980-an kesalahan-kesalahan para pejabat perusahaan telah
dipublikasikan secara luas. Sebagai contoh, berkas-berkas yang ada di
penngadilan menunjukkan bahwa beberapa perusahaan tambang minyak yang
besar-besar telah menukar data mengenai harga selama satu decade atau lebih. Dalam
tahun 1985, pengadilan setempat memutuskan suatu denda terbesar yang pernah
dikenakan terhadap Exxon karena menaikkan harga minyak secara berlebihan. Jumlah
denda ini mendekati $2 milyar berupa denda dan bunga. Masih dalam tahun yang
sama, para pejabat General Electric Company dinyatakan bersalah karena
mengklaim $800,000 atas kenaikkan biaya kontrak. Pada tahun yang sama pula,
berita mengenai penipuan dengan rekening bank secara sengaja yang melinatkan perusahaan
E.F. Hutton telah dilaporkan selama beberapa minggu.
Seringnya
terjadi beberapa kasus seperti ini mendorong masyarakat untuk percaya bahwa
tingkah laku melawan hukum dan tidak etis adalah kejadian biasa (dianggap lumrah)
dalam bisnis. Laporan mengenai kecurangan yang dilakukan para prjabat dari
suatu perusahaan merusak reputasi keseluruhan. Kalau pelaporan mengenai
perbuatan salah pejabat perusahaan mengisi berita, majalah bisnis mengupas
masalah tersebut dalam tajuk rencananya.
Tanggapan Terhadap Krisis
Perusahaan juga harus bertanggung jawab
untuk memberikan tanggapan dengan capat dan efektif atas kehancuran yang
menyangkut produk atau fasilitasnya. Tujuh orang meninggal pada tahun 1983 di
wilayah Chicago karena memakan Kapsul Tylenol yang beracun. Johnson &
Johnson telah mendapat pujian karena menarik kapsul tersebut dari oeredaran
dengan segera. Menyusul kejadian itu, perusahaan mulai mengguanakan lapisan
penutup tahan kerusakan pada semua botol dan kemasan. Ketika kerusakaan
berikutnya menyebabkan kematian pada tahun 1986, perusahaan itu secara sukarela
menarik kapsul Tylenol dari pasar
Sebelum
terjadinya malapetaka Chernobyl di Uni Soviet, salah satu kecelakaan tertubruk
pada pembangkit tenaga listrik nuklir adalah yang terjadi di Three_mile Island
di Pennsylvania dalam tahun 1979. Meskipun tak ada korban jiwa, kebocoaran gas
radioaktif disana diberitakan secara luas dan mengakibatkan industry energy nuklir mengalami kemunduran
beberapa tahun. Pemilik Three-Mile Island, General public Utilities Corporation, tidak
berhasil mengatasi maslah tersennut dan terlalu lamban memberikan tanggapannya.
Seperti yang telah dibahas pada bagian awal bab ini, kebicocran gas kimia Union
Carbide di Bhopal, Indaia telah membawa kematian lebih dari 1.750 orang.
Menurut
Jhon Tolefseon, Dekan Fakultas Bisnis, Universitas Kansa, “ Ada tiga hal yang
sangat penting manuju manajemen yang sukses atas situasu sangat kacau” Tolefson
yakin bahwa para eksekutif harus:
1.
Memberikan
prioritas pertimbangan jangka panjang atas maslahat dan mudarat jangaka pendek
2.
Segera
mengambil tindakan
3.
Memberikan
informasi yang benar kaepada masyarakat sejak dini
Perusahaan dan Tetangga Baik
Bidang lain di mana tanggung jawab
social perusahaan terhadap masyarakat mengalami cobaan adalah yang menyangkut
penutupan suatu pabrik, tanggung jawaba social dapat didefinisikan sebagai
tanggung jawab sebuah perusahaan untuk bertindak demi keperntingan masyarakat
luas dan membantu memecahkan masalah-masalah. Dalam hal suatu masyarakat dimana
perusahaan merupakan majikan utama (pengusaha besa), tindakan semacam itu akan
mempunyai dampak yang berat. Di Newport, Kentucky, penutupan pabrik baja
Interlake, Inc. mengakibatkan 1.000 orang menganggur, tetapi beberapa dari
manajernya mulai mencari jalan untik membuka kembali pabrik tesebut. Dengan bantua
dari Departemen Pembangunan Ekonomi Kentucky, pabrik tersebut dinuka kembali
menjadi Newport Steel Company dan par pekerja yang lama di pekerjakan kembali. Kesukaran
paling bear terletak pada para pekerjanya yang tidak dapat pindah lokasi ke
perusahaan lainnya dan tidak dapat dilatih ulang untuk bidang pekerjaan
lainnya. Menetukan tanggung jawab sebuah perusahaan terhadap masyarakatdimana
perusahaan tersebut terletak, bukannlah suatu yang mudah.
Tindakan Tanggung Jawab Sosial oleh
Perusahaan
Tidak mungkinuntuk melaporkan
secara terperinci apa yang sedang dilakukan perusahaan. Tetapi inilah beberapa
coreta untukmenggambarkan upaya perusahaan memenuhi tanggung jawa b sosialnya.
Xerox. XeroxCoproration
mensponsori program cuti pelanyanan masyarakat (Social Service Leave program). Setiap karyawan yang bekerja baik
dan telah bekerja di perusahaan tersebut selama tiga tahun dapat mengajukan cuti.
Kalau cuti diijinkan, karyawan bersangkutan dapat memilih kapan saja
untukbekerja pada suatu proyek pelayanan mesyarakat atas pilihan mereka sendiri
dalam masyarakat lingkungan mereka. Karyawan menerima gaji serta tunjangan
penuh seleama cuti mereka dan dijamin memperoleh pekerjaan yang sebanding pada
saat mereka kembali ke Xerox.
Selama sepuluh tahun terakhir
50.000 orang telah berperan serta dalam lebih dari 2.000 orang proyek pada
seratus kelompok masyarakat. Biaya setahunnya untuk program ini yang
dikeluarkan Xerox dalaha kira-kira #350.000.
Mobil. Pada tahun 1982, mobil
membiayai program pekrjaan untuk 600 orang pemuda dari keluarga berpendapatan
rendah. Mereka adalah anggota tim kebersihan yang melakukan pembersihan musim
panas pada stasiun bawah tanah di New York City.
Semua peserta program
menghabiskan sebagian waktunya dalam kelas untuk mempelajari matematika dan
membaca. Program penyempurnaan dengan bantuan computer dirancang untuk membantu
anak-anak muda ini meningkatkan pelajaran mereka. Mobil juga membiayai program
musin panas Chicago dan Dallas. Pemuda dari dalam kota Chicago membantu
fasilitas perawatan kesehatan bagi kaum fakir miskin. Di Dalla mereka bekerja
memperbaiki perumahaan rakyat.
Sekitar 250 orang Mobil bekerja
penuh untuk melindungi dan meningkatkab lingkungan. Pekerjaan mereka adlah
menjamin dijalannkannya peraturan serta standar keamanan udara dan air bersih. Mereka
juga memperhatikan pengurangan kebisingan, pengemdalian bau tak sedap,
penghematan tanah dan peningkatan tanah.
3M. dalam bulan Mei 1985, Pusat
Lingkungan Hidup se-Dunia di New York memberikan penghargaan kepada 3M atas
program 3P (Pollution Prevention Pays –
pembayaran pencegahan polusi) berupa International Environmental Corporation
Achievement Award, yang pertama. Tujuan 3P yang dimualai tahun 1975 adalah
menghentikan pencemaran pada sumbernya.
Pengurangan atas pencegahan
pencemaran dicapai melalui reformulasi produk, modifikasi proses manufaktoring,
desain ulang peralatan dan pemulihan bahan limbah untuk penggunaan ulang setiap
tahunnya. Program 3 P telah berhasil meniadakan 100.000 ton pencemaran Udara,
11.000 ton pencemaran air, 243.000 ton
limbah dalam betuk lumpur dan benda padat serta pembersihan 1,5 milyar gallon
air limbah.
American Express. Yayasan patungan
kemerdekaan (The State of Liberty Ellis
Island Foundation) menerima dua cek perjalanan dari American Express
sinilai $1.7 juta. Pemberian itu dimaksudkan untuk membantu pemugarab patung
tersebut agar Nampak seperti pada kejayaannya semula. Dalam iklannya yang
tersebar ke seluruh A.S., American Express menawarkan untuk menyumbangkan
sejumlah kecil uang bagi dana pemugaran patung tersebut atas setiap pengguanaan
kartu kreditnya. Selain itu, mereka menjanjikan akan memberikab satu dollar
untuk tiap kartu baru yang di terbitkan di A.S. Penggunaan kartu kredit naik 28
persen dan pemegang kartu baru naik 45 persen selama kampanye tersbut. Jerry C.
Welsh, seseorang eksekutif pemasaran American Express mengatakan “penggilan
untuk masa depan bukanlah kedermawanan buku cek . . . , tetapi gabungan
pemasaran perusahaan dan tanggung jawab social”.
Tanggung Jawab Internasional
Malapetaka Union Carbide di
tahun 1984 yang lalu telah memusatkan perhatiuan pada aspek internasional
tanggung jawab social. Suatu kecelakaan seperti yang terjadi di Bhopal itu
melibatkan pemerintah sertya perusahaan. Pemerintah bertanggung jawab terhadap
lingkungan dan manusia. Sudah tentu timbul pertanyaan mengenai aspek hukum
dalam pemberian ganti rugi kepada keluarga dari orang yang meninggal dan cacat.
Ke pengandilan negara manakah tuntutan harus disampaikan”? apakah semua pihak
yang berkepentingan harus terwakili dala suatu tuntutan seperti dalam satu
kelas sekolah atau apakah harus ada beribu-ribu penyelesaian secara individu? Peran
apakah yang harus dimainkan pemerintah? Dampak apakah yang timbul dari kasus
ini terhadap bisnis perusahaan lain yang melakukan bisnis di India? Ini semua
adalah masalah terpenting yang di hadapi. Beberapa di antarantya tidak aka
dapat terjawab tuntas selama bertahun-tahun.
Isu internasional yang lebih
umum adalah pencemaran udara. Udara bergerak di seluruh permukaan bumi. Bahan pencemar
yang berasal dari suatu negara akan memberikanb dampak terhadap udara di atas
negara lain. Bagaimanakah usaha terbaik antar pemerintah untuk kepentingan
terbaik semua pihak yang bersangkutan ? hujan zat asam disebabkan oleh
pencemaran udara telah merupakan maslah anatara pemerintah Kanada dan pemerintah
A.S. selama bertahun-tahun. Pada tahun 1986, Menteri Perhubungan A.S., Drew
Lewis, mengusulkan penyelesaian yang sangat ambisius dan ternyata memberikan
harapan baik yang kan mempengaruhi perusahaan di kedua negara. Pada musim semi
tahun 1986, Perdana Menteri Kanan, Brian Mulroney dan Presiden A.S., Ronald
Reagan, mencapai persetujuan mengenai suatu program $5 milyar guna memerangi
hujan asam. Persetujuan ini didasakna atas laporan Lewis dan rekomendasinya.
Di negara lainnya, masing-masing
pemerintah Inggris, Prancis dan Jerman Barat mengharuskan converter katalitik
untuk mobil. Ini berarti bahwa industry mobil yang memproduksi dan menjualnya
di negara-negara ini harus memenuhi standar pencemaran yang di tetapkan.
Isu lainnya dengan implikasi
internasional mencakup samudera dan sumberdayanya. Selama beberapa tahun
pemerintah beberapa negara telah merundingkan hak dan penggunaan bahan tambang
di bawah laut. Sejauh ini persetujuan dimaksudkan belum tercapai, maslah ini sangat
kompleks dengan pelbagai macam kesulitan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar